Inilah Bahaya Dan Kerugian Root Android Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Dan Kerugian Root Android - Siapa sih yang tidak kenal dengan android?, perangkat elektronik satu ini sudah banyak digunakan di era modern seperti ini. Pada awalnya android yang kita beli tidak bisa dimodifikasi, oleh karena itu kita harus root android. Fungsi dari root android adalam memberi izin penuh kepada penggunanya untuk memodifikasi smartphonenya sesuai selera.
Bahaya Dan Kerugian Root Android
Dengan kita melakukan root kita bisa memodifikasi smartphone kita mulai dari memindahkan data dari memori internal ke eksternal, Meringankan beban pada ram, meningkatkan performa android, dan yang paling diminati adalah mempercantik tampilan android dengan custom rom. Kalo kita sudah root hp, kita juga bebas dalam menginstall aplikasi, dan bisa menghapus aplikasi bawaan android.

Namun, di balik manfaat yang didapatkan dari root android, terdapat banyak masalah yang akan kita hadapi. Lebih parahnya lagi, jika kita salah langkah dalam rooting, android kita akan mengalami not respon atau biasa dikatakan hang. Resiko ini paling banyak ditemukan apabila kita melakukan root android, selain ini masih banyak lagi kerugian yang akan anda terima ketika root android.
Apa saja Kerugian melakukan root android?
Melalui artikel kali ini saya akan memberitahukan kerugian ketika anda melakukan root android. Melalui artikel ini anda bisa mempertimbangkan manfaat dan kerugian ketika kita melakukan root android. Sehinga anda bisa menentukan apakah android anda perlu diroot?

Kerugian Yang Didapatkan ketika root android

1. Menghilangkan garansi android

Masalah pertama yang akan anda dapatkan ketika root android adalah kehilangan garansi yang diberikan pabrik. Mengapa dengan root android kita akan kehilangan garansi? Hal ini terjadi karena ketika kita melakukan root, kita akan mengubah akses sistem dari read menjadi full. Jadi kalo kita root hp, kita bisa mengubah seluruh sistem yang berada pada android kita. Tentunya mengubah sistem akan melanggar kebijakan yang tekah dibuat oleh pabrik.

Tentunya vendor tidak akan mau menerima garansi apabila kerusakannya diakibatkan karena kita melakukan root. Tapi tidak semua vendor melarang produknya untuk diroot, ada beberapa smartphone yang mengizinkan kita untuk mengubah akses sistemnya. Vendor akan memberikan kebijakan lain yang selain melarang smartphonenya untuk diroot.

Nah, kalo misalnya hp kita sudah di root dan ingin mengembalikan garansi, anda harus melakukan unroot. Unroot merupakan sebuah proses pengembalian akses ke sistem dari full menjadi ke semula. Banyak yang bilang kalo kita unroot garansi vendor akan kembali. Tetapi saya belum tau, karena hp saya belum pernah rusak pada saat diroot.

2. Sistem Tidak Bisa Diupgrade

Jika hp anda telah diroot, anda tidak bisa update sistem operasi. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Karena sistem operasi yang berada dalam hp kita telah dimodifikasi, sehingga pabrik tidak menyediakan update untuk android kita. Hal ini akan merugikan pengguna, karena update OS akan memberikan fitur baru pada smartphone anda. Jika anda ingin tetap mengupdate OS maka anda harus unroot android anda terlebih dahulu.

3. Rentan Terhadap Serangan Virus

Hal paling ditakuti ketika android anda telah diroot adalah ada virus yang masuk. Mengapa virus bisa masuk? Virus bisa masuk kedalam hp kita karena dalam proses root kita mengubah sistem yang berada pada android kita. Sehingga keamanan dalam sistem melemah, hal ini memudahkan virus untuk masuk kedalam android kita.

4. Berbahaya bagi pemula

Memang dengan melakukan rooting anda bisa leluasa memodifikasi android anda. Tapi jika anda masih pemula dalam memodifikasi android, sebaiknya jangan melakukan rooting. Jika anda salah dalam memodifikasi android anda akibatnya akan sangat fatal, mulai dari kinerja yang tidak maksimal, bootloop, bahkan android anda bisa hard brick. Jadi sebaiknya sebelum melakukan rooting anda harus memperhatikan kerugiannya.

Jika anda ingin melakukan rooting mungkin anda akan menemui masalah seperti diatas. Tetapi jika anda teliti dalam menggunakan android yang telah diroot anda bisa menghindari masalah pada h panda. Intinya anda harus leboh berhati-hati jika android anda sudah di root.

Menurut saya root android lebih banyak keuntunganya dibandingkan dengan kerugiannya, asalkan anda bisa berhati-hati dalam penggunaan, h panda akan lebih maksimal. Tetapi jika android anda sudah meiliki spesifikasi yang tinggi, saya kira root android tidak perlu dilakukan.

Sekian dulu artikel yang dapat mediakece berikan, jika anda kebingungan dalam root android. Anda bisa menghubungi saya dengan cara chat pribadi maupun berkomentar di postingan ini. Anda bisa mengetahui kontak saya di menu about.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Bahaya Dan Kerugian Root Android Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel