Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang


Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang - Apakah Sobat pernah mengalami laptop tiba-tiba lemot bahkan hang pada saat mengerjakan tugas ? Pasti dalam keadaan seperti ini membuat sobat sangat kesal sekali apalagi kalo tugasnya belum disave, bisa mandi keringet tuh, hehe.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang


Kalo sobat mengalami hal tersebut dan tidak ingin mengulanginya lagi sobat wajib membaca artikel ini sampai selesai. Kalo hal ini terjadi lagi pertama jangan emosi dulu, jangan di banting laptopnya,hehe. Sobat harus sabar dan mengatasi masalahnya dengan tenang.

Penyebab Laptop Lemot Dan Sering Hang

Pertama saya akan membahas pemyebab laptop bisa hang, not responding dan semacamnya. Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasinya sobat harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Apa sih penyebab laptop bisa lemot bahkan hang ?

1. Sistem Operasi yang bermasalah

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengontrol jalanya perangkat keras dan aplikasi yang dijalankan. Jadi jika salah satu file system operasi error atau rusak akan meghambat kinerja laptop kita sehinga computer kita akan lemot

2. Virus

Nah, ini yang paling sering membuat computer hang. Karena virus dapat merusak file system windows sobat. Virus dapat masuk ke computer kita dari download file yang tidak terpercaya dan flashdisk yang telah terinfeksi virus.


3. Ram Penuh

Ram digunakan untuk menampung proses yang akan dieksekusi oleh prosesor. Jika ram sobat penuh karena menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Maka ram tidak bisa menampung program tersebut dan mengakibatkan laptop jadi lemot.

4. Laptop Overheating

Kepanasan tentu adalah faktor yang membuat kinerja lemot. Kita ibaratkan seperti manusia, jika dia kelelahan maka lari pun akan melambat. Komputer juga demikian jika kepanasan proses akan melambat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang

Kalo sobat sudah membaca penyebab laptop lemot dan sering hang. Sekarang sobat harus tau, bagaimana cara mengatasinya ?. mediakece.com akan merangkum cara mengatasi laptop lemot dan sering hang.

1. Mencari error dalam sistem operasi

Carilah error pada sistem operasi, jika sudah ketemu silahkan browsing untuk cara membenarkan error yang terjadi pada system operasi sobat. Tapi jika sobat tidak mau repot mencari masalahnya sobat bisa menginstall ulang sistem operasi.

2. Memasang Anti Virus

Untuk mengatasi virus yeng mengenai komputer kita, kita harus membersihkan virus dengan memasang anti virus. Dengan memasang anti virus sobat bisa meminimalisir lemot pada komputer sobat. Anti virus yang bisa dipasang smadav, avast, avira, dll.


3. Tidak Terlalu banyak menjalankan aplikasi

Memilimalisir penggunaan aplikasi di komputer sobat adalah cara yang paling ampuh. Conyoh sobat sedang mengerjakan tugas di Microsoft word, bukalah aplikasi Microsoft word saja jangan sambil membuka facebook. Karena dengan memilimalisir penggunaan aplikasi bisa mengurangkan beban ram, sehingga komputer sobat menjadi ringan.

4. Gunakan Kipas Tambahan untuk laptop

Saya dalam membuat artikel blog menggunakan kipas tambahan di laptop saya supaya laptop saya tidak cepat panas dan tidak lemot maupun hang. Cara ini perlu sobat coba dirumah, saya menggunakan kipas tambahan dan tidak sangat terlihat perbedaan kinerja laptop saya.

Nah, artikel diatas adalah Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang. Sobat perlu mencoba di rumah. Semoga laptop sobat tidak lemot lagi dan nyaman dalam mengerjakan sesuatu di Laptop. Saran dai mediakece.com perlakukan laptop sobat dengan baik supaya laptop sobat awet dan bisa menemani sobat dalam mengerjakan sesuatu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel