Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7, Jangan Biarkan Orang Lain Masuk !

Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7, Jangan Biarkan Orang Lain Masuk ! - Tentunya anda memiliki file/data penting dalam komputer anda. Apakah data tersebut sudah aman? Apakah orang lain bisa mengambil data tersebut?. Tentunya kita tidak ingin data pribadi kita dapat diakses oleh orang lain, apalagi kalo data pribadi kita disalahgunakan. Oleh karena itu Media Kece akan memberikan tutorial cara mengamankan data di windows 7.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
Untuk mengamankan data di windows 7 sangatlah mudah. Ada beberapa cara mengamankan data penting di windows 7. Anda bisa menyembunyikan data penting di file tersembunyi, tetapi kali ini saya akan memberikan cara yang lebih aman daripada menyembunyikan data. Tutorial kali ini anda akan memberikan password pada file yang berisi data penting tersebut. Penasaran seperti apa tutorialnya?. Simaklah tutorial dibawah ini dengan seksama :

Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7

Tutorial kali ini anda tidak memerlukan aplikasi tambahan. Jika anda tidak memperhatikan cara-caranya dengan teliti maka anda akan kesulitan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan :

1. Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat folder yang akan kita kunci. Disini saya akan membuat file dengan nama Media Kece.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7

2. Setelah anda membuat folder, anda langsung masuk kedalam folder tersebut. Kemudian buatlah file text document dengan cara Klik kanan > New > Text Document.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
3. Jika sudah terbuka text documentnya, masukkan script dibawah ini kedalam text document yang anda buka tadi.

 cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== adminganteng goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

4. Dalam Script ini, yang harus anda ganti adalah password. Ubahlah password yang semula “adminganteng” menjadi password yang ingin anda gunakan. Password ini akan digunakan ketika kita akan masuk kedalam folder yang menyimpan data penting anda.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
5. Setelah anda mengganti password, simpan file tersebut dengan cara Save As lalu beri nama terserah tetapi diberikan akhiran “.bat” (tanpa tanda kutip). Dalam tutorial kali ini saya memberi nama “kunci.bat”. Ubahlah Save As Type menjadi All Files.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
6. Langkah selanjutnya anda bisa menghapus file “New Text Document”. Setalah itu Klik 2x pada kunci.bat maka secara otomatis muncul file private. Lalu masukan seluruh data penting anda kedalam file private tersebut.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
7. Jika seluruh data penting telah dimasukan. Klik 2x kunci.bat lalu akan muncul tab cmd ketik “y” (tanpa tanda kutip). Maka secara otomatis folder private tadi akan menghilang.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
8. Untuk membuka file private tadi kita tinggal klik 2x kunci.bat lalu akan muncul tab baru, disitu kita masukan password yang kita buat tadi lalu Enter. File private akan muncul kembali.
Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7
Nah, sekarang data penting anda telah aman, tidak ada orang lain yang bisa mengakses data penting anda. Sekian tutorial yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan artikel menarik selanjutnya di Media Kece.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengamankan Data Penting Di Windows 7, Jangan Biarkan Orang Lain Masuk !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel